Aksara Lampung (Huruf Induk, Anak Huruf, Tanda Baca, dan Angka)

  • Whatsapp

Aksara Lampung (Had Lampung) merupakan bentuk tulisan yang berlaku di daerah Lampung. Pada dasarnya tulisan ini berasal dari aksara Pallawa (India Selatan) yang diperkirakan masuk ke Pulau Sumatera semasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan.

Macam tulisannya fonetik berjenis suku kata yang merupakan huruf hidup seperti dalam huruf Arab dengan menggunakan tanda-tanda fathah pada baris atas dan tanda-tanda kasrah pada baris bawah, tetapi tidak menggunakan tanda-tanda dammah pada baris depan, melainkan menggunakan tanda di belakang, di mana masing-masing tanda mempunyai nama tersendiri.

Bacaan Lainnya

Pada abad ke-IX Masehi para Raja di Sekala Bekhak menciptakan Aksara Lampung atau Had Lampung. Had Lampung dipengaruhi dua unsur yaitu Aksara Pallawa dan Huruf Arab.

Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambang, angka, dan tanda baca. Had Lampung disebut dengan istilah “Kaganga” ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan dengan Huruf Induk berjumlah 20 buah.

Had Lampung merupakan pelajaran wajib diajarkan disekolah- sekolah dasar (SD)/MI, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Mts, Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMK/Madrasah Aliah (MA) dan kampus-kampus di Provinsi Lampung. Had Lampung yang diajarkan merupakan hasil penyempurnaan dari had Lampung kuno. Karena sebelumnya Had Lampung kuno jauh lebih kompleks, sehingga dilakukan penyempurnaan sampai yang dikenal sekarang. Berikut ini Aksara Lampung yang dapat kita pelajari secara bersama-sama dalam kehidupan sehari-hari:

1. Huruf Induk/Aksara Lampung/Had Lampung

2. Anak Huruf dan Tanda Baca

3. Angka Lampung

angka lampung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 Komentar

  1. MashaAllah. Saya baru tahu KAGANGA ini. Ternyata Lampung punya huruf dan angka tradisional juga ya. Budaya daerah yang wajib dipelihara dan dijaga. Wajib diajarkan dan dilestarikan.

  2. Kalau melihat ini daku makin terpesona dengan nusantara kita yang kaya dengan aksara indahnya. Nah kita generasi jaman now perlu banget untuk mempelajari ini karena sebagai warisan budaya juga, dan merupakan bagian dari sejarah yang tak akan tercetus zaman

    1. Iya betul ya kak, banyak banget kekayaan budaya nusantara yang wajib kita lestarikan ke anak cucu.. hehe

    1. iya kak betul sebagai warga Lampung wajib melestarikan aksara Lampung dan bahasa Lampungnya..

  3. Seru juga nih untuk dipelajari. Sampai saat ini, aksara yang tahu baca maupun tulisnya ya Aksara Lontara. Dulu pas SD, SMP, SMA belajar ini soalnya di sekolah di Makassar. Jadi penasaran pengen pelajari Aksara Lampung~

    1. Iya kak, benar bahasa Lampung bisa dipelajari sejak duduk di bangku SD, SMP, SMA/SMK bahkan kuliah di Lampung ada.

  4. Wow websitenya bagus bangettt, mengulik tentang Lampung hingga ke aksaranya. penting tuk generasi muda nih, biar aksara Lampung ga punah sebab ga ada yg perlajari lagi.

    1. Betul kak penting sekali melestarikan adat budaya Lampung. Bahasa dan aksara lokal seperti bahasa Lampung ini memang tidak boleh punah.

    1. Yups betul kak, bahasa dan aksara Lampung milik kami juga harus dilestarikan biar tidak punah.