Belanja Aman dan Nyaman di Toko SehatQ.com

  • Whatsapp

Tren belanja online di kalangan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini semakin meningkat, terutama saat pandemi COVID-19. Dengan belanja online maka seseorang cukup hanya selonjoran kaki di rumah sambil mencari produk di marketplace/E-Commerce maupun toko online yang diinginkan hanya dalam genggaman tangan (melalui smartphone).

Statik.tempo.co melalui situs greatnesia.com melampirkan prediksi angka pengguna E-Commerce sebagai tempat untuk belanja online di Indonesia pada tahun 2024 akan mengalami pertumbuhan yang cenderung naik.

Sumber data: statik.tempo.co

Dan sudah semestinya dengan melihat data-data di atas, maka bagi teman-teman yang berprofesi sebagai pelaku bisnis baik itu level UKM/UMKM sudah selayaknya mulai beralih dari pemasaran produk/jasa yang dulunya dilakukan secara konvensional kini harus segera beralih ke go digital.

Mengapa pelaku bisnis harus go digital? sebab, saat ini aktivitas manusia di seluruh dunia termasuk di negara kita Indonesia tidak terlepas dari penggunaan perangkat/gawai berupa hape/tablet/PC/komputer yang semakin canggih. Infografik di bawah ini tentunya memperlihatkan kepada kita semua bahwa pengguna (user) di Indonesia yang mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile (mobile devices) pada dua tahun terakhir (2020) mengalami pertumbuhan sebesar 171.0 juta jiwa, dengan rata-rata durasi penggunaan internet per hari yaitu 4 jam 46 menit. Sehingga peluang berbisnis online yang ada ini jangan sampai disia-siakan bagi kita yang terjun di bidang perdagangan/bisnis.

Sumber data: greatnesia.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh populix yang melibatkan 6285 responden dari berbagai kalangan usia di Indonesia menyebutkan bahwa tren belanja online di Indonesia masih didominasi oleh kaum milenial dan gen Z yang rentang umurnya antara 18 – 28 tahun, yang selalu lekat dengan teknologi internet dalam menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Tren semacam ini setidaknya menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia terutama generasi milenial dan gen Z kini sudah semakin melek teknologi digital sehingga gaya hidup dalam berbelanja kini lebih akrab dengan belanja online di E-Commerce.

Sumber data: info.populix.co

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kita Belanja Online

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita berbelanja online adalah melihat kredibilitas toko, siapa penjual/sellernya, dan apakah toko online tersebut mempunyai rekam jejak yang baik. Jika rekam jejaknya tidak baik, maka sebaiknya abaikan saja untuk tidak membeli produk/jasa di toko tersebut. Hal ini mengingat bahwa sebagai pembeli yang cerdas kita juga harus tahu mana toko online yang benar-benar jujur alias dapat dipercaya. Selain itu, sebagai pembeli cerdas supaya kita tidak tertipu baik dari produk yang diperjualbelikan, atau saat bertransaksi.

#1. Pastikan Toko Online Aman dan Nyaman Untuk Bertransaksi

Sebelum memutuskan untuk belanja online, kita terlebih dahulu perlu mengecek situs belanja yang dituju. Kredibilitas dari online shope-commerce/marketplace menjadi syarat untuk belanja online aman dan nyaman melalui internet.

Jangan terjebak dengan rayuan (iming-iming) promosi maupun diskon yang besar di lapak-lapak yang tidak jelas rekam jejaknya. Tidak hanya itu, tapi situs belanja online terpercaya pastinya menjamin keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi.

#2. Barang Yang Dijual Original (Asli) Dan Bukan Barang Palsu/Tiruan

Situs yang mempunyai rekam jejak baik pastinya akan menjamin orisinalitas barang/produk yang akan dibeli. Sejumlah situs belanja online umumnya mempunyai catatan reputasi.

Masyarakat sendiri bisa mengecek level reputasi situs tersebut mulai dari label yang diberikan oleh marketplace serta bisa juga melihat nilai kualitas produk di halaman utama dari pembeli lainnua. Umumnya lapak online yang memajang barang asli/original akan diproduksi oleh produsen yang sama.

Selain menggunakan metode di atas, kita juga bisa melihat penilaian pembeli serta rating barang di kolom penilaian barang sebelum membeli barang/produk tersebut. Sebelum membeli pastikan kita sudah membaca deskripsi produk dengan benar untuk memastikan barang yang dibeli merupakan barang yang benar.

#3. Penjual/Seller Memberikan Respon dan Tanggungjawab Penuh Terhadap Barang Yang Dijual

Sebelum kita membeli suatu barang/produk di internet, kita perlu memastikan terlebih dahulu bahwa penjual yang dituju benar-benar bersedia menjual barangnya. Untuk memastikan Kita bisa menanyakan terkait ketersediaan barang dengan menggunakan fitur pesan singkat (direct message) yang biasanya disediakan di fitur marketplace

Pastikan bahwa penjual merespon pertanyaan yang kita ajukan terkait produk serta jangan lupa untuk meminta pertanggungjawaban jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

#4. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga/Diskon Yang Tidak Masuk Akal

Toko online kerap sekali memberikan diskon-diskon heboh sampai potongan harga fantastis. Akan tetapi perlu diingat bahwa cek kembali kredibilitas toko seperti yang dijelaskan di atas. Jika toko tersebut merupakan toko yang sudah mempunyai reputasi baik, maka itu sah-sah saja.

Namun apabila toko yang memberikan harga murah tersebut bahkan tidak mempunyai foto profil toko atau hanya melampirkan barang/produknya saja, maka lebih baik untuk dipastikan terlebih dahulu kejelasan produknya.

#5. Lakukan Survey Pasar Dengan Teliti

Jangan asal membeli brang/produk, karena sebaiknya jika ingin benar-benar aman lakukan terlebih dahulu survei pasar ke beberapa toko lainnya. Bukan hanya untuk memastikan dan memilih, metode ini juga bisa membuat kita bisa mendapatkan harga barang/produk yang lebih murah dari toko sebelumnya. Meskipun demikian perlu diingat hal di atas, yang mana kredibilitas sebuah toko tetap menjadi poin utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli barang di toko online.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berbelanja online produk/barang yang sedang kita incar. Untuk itu, pilihlah situs belanja online dan juga penjual yang bertanggung jawab atas semua pesanan konsumennya.

Belanja Online Aman dan Nyaman di Toko SehatQ.com

Kita bebas untuk memilih toko online mana yang bisa dijadikan rujukan/tempat untuk membeli barang/produk yang kita inginkan. Namun, kecerdasan dalam berbelanja online perlu menjadi dasar dalam memutuskan tempat berbelanja yang nyaman dan aman agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Selain itu, sesuaikan juga dengan situs belanja online dengan kategori barang/produk yang akan kita beli.

Misalnya, saya yang beberapa waktu lalu mempercayai salah satu toko online untuk Beli obat dengan harga terjangkau dan sudah tidak diragukan lagi yaitu di situs SehatQ.com.

Saya mempercayai SehatQ.com sebagai tempat untuk membeli obat yang aman dan nyaman karena memang situsnya kredibel dan karena memang saat itu saya sedang butuh produk kesehatan guna menunjang kebutuhan keluarga saya agar terus sehat.

Situs/website sehatq.com merupakan situs populer kesehatan terbaik di Indonesia saat ini. Situs ini mempunyai banyak fitur yang bermanfaat untuk keluarga Indonesia dibandingkan dengan situs kesehatan lain. dan saya tahu juga situs ini berisi banyak artikel-artikel seputar kesehatan yang langsung diisi oleh dokter-dokter/tenaga medis yang ahli di bidangnya. Selain itu, di dalam situs SehatQ.com juga kita bisa mengakses beragam fitur/layanan yang kita inginkan seperti chat dokter, booking dokter dan layanan kesehatan, serta membeli obat dan vitamin, promo layanan kesehatan, dan masih banyak yang lainnya. Jadi cukup lengkap sekali jika keperluan kesehatan dibeli di toko sehatQ.com.

Saat saya mengunjungi situs sehatQ.com, banyak sekali pengalaman serta hal-hal unik dan bermanfaat yang ditawarkan di situs sehatq.com diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Toko: yaitu para pengunjung situs dapat langsung mengunjungi toko di situs sehatq.com untuk berbelanja produk dan perawatan kesehatan, serta beberapa produk nutrisi kesehatan juga tersedia di situs tersebut. Selain itu, para pengunjung situs juga sangat dimudahkan sekali saat akan melakukan pembayaran. Banyak metode pembayaran yang bisa dipakai misalnya dengan pakai metode transfer bank, visa, gopay, dan lain sebagainya;
  • Obat: yakni fitur di website sehatq.com dengan berbagai informasi penting seputar jenis obat, interaksi, dosis dan lain sebagainya secara lengkap dan terperinci. Fitur/aplikasi ini tentu saja begitu bermanfaat bagi pengguna situs untuk menjelajahi berbagai jenis obat sesuai kebutuhan, misalnya saja obat berhenti merokok untuk para pria yang sudah menjadi penggemar rokok dalam jangka waktu lama;
  • Artikel: adalah fitur khusus di situs sehatq.com. Di dalmnya banyak sekali ragam artikel kesehatan yang akurat, faktual, dan kredibel (terpercaya), sebab ditulis langsung oleh banyak kontributor profesional, pakar yang ahli dengan jejak medis yang handal dari berbagai latarbelakang medis, seperti perawat, bidan, dokter umum, dokter spesialis dan tentu saja sangat kompeten di bidangnya. Misalnya seputar artikel kesehatan yang saat ini banyak dicari orang-orang yang sedang sakit;
  • Tindakan Medis: Pada fitur/aplikasi ini, cukup banyak jenis tes kesehatan yang bisa berguna bagi pengguna situs. Ada banyak jenis tes yang bisa menambah wawasan/pengetahuan pengguna misalnya tes CD4, CRP, Urea Nitrogen Darah, Fosat Darah, dan lain sebagainya;
  • Dokter: Pada fitur dokter ini, pengunjung situs yang sedang menderita sakit dan ingin berobat maka dapat dengan mudah dan secara langsung menemukan dokter sesuai harapan mereka dan jam praktiknya, tentu saja bisa sesuai dengan wilayah para pengunjung situs (bisa janjian terlebih dahulu sesuai kesepakatan bersama). Selain itu, pasien bisa langsung booking dokter untuk bertemu secara langsung sesuai perjanjian. Tentu saja dengan adanya aplikasi atau fitur ini lebih mempermudahkan para pasien dengan dokter. Benar-benar fitur yang sangat hebat di era digital saat ini ya guys?;
  • Rumah Sakit: ini merupakan fitur di situs sehatq.com yang memberikan informasi menarik seputar fasilitas kesehatan (faskes). Di fitur ini telah banyak disajikan kapan rumah sakit itu beroperasi, jam operasional, alamat serta dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut;
  • Penyakit: Di fitur ini juga para pengunjung situs dapat menemukan berbagai macam jenis penyakit mulai dari A-Z. Selain itu, dilengkapi juga dengan rekomendasi medis agar mampu menjawab permasalahan pasien;
  • Chat dokter: Ini adalah fitur yang benar-benar berguna bagi user dan pasien, karena melalui handphone saja mereka bisa chat langsung dengan dokter profesional tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi semua orang yang menggunakan aplikasi chat dokter via sehatQ.com. Fitur yang benar-benar bersahabat dengan semua orang;
  • Promo: Fitur promo ini merupakan penunjang dari isi situs sehatq.com. Di bagian fitur promo ini para pengunjung situs bisa menemukan kesempatan untuk melakukan medical check up secara realtime. Ada banyak sekali promo menarik di fitur ini yang bisa kamu dan keluarga coba, oke?;
  • Forum: Fitur ini lengkap berisi forum tanya jawab anda dengan dokter. Tentunya adanya forum ini sangat bagus karena akan menjadikan user atau pasien lebih akrab dengan dokter. Atau pasien bisa langsung interaksi seputar penyakit yang dialaminya dan dokter di sehatq.com akan menjawab secara akurat sesuai kapasitas keahliannya masing-masing.

Dari segi keamanan dan kenyamanan bertransaksi, maka kita tidak perlu ragu untuk berbelanja di situs SehatQ karena sudah memiliki sertifikat Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sertifikat PSEF yang ditorehkan oleh SehatQ merupakan bukti nyata bahwa selama ini, sejak berdirinya SehatQ pada November 2018 sampai dengan sekarang sudah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Untuk informasi lebih lanjut tentang sertifikasi PSEF yang telah diraih oleh SehatQ, silakan bisa dibaca di sini.

Kesan dan Pengalaman Saya Belanja Online/Membeli Keperluan Obat Kesehatan Di Situs SehatQ.com

Sertifikat PSEF yang ditorehkan oleh SehatQ.com semakin membuat saya yakin bahwa untuk membeli obat dan juga mendapatkan informasi seputar kesehatan di situs ini ternyata benar-benar valid dan aman untuk bertransaksi. Saya jadi tidak perlu khawatir terkait dengan produk obat yang dijual karena adalah produk asli dan bukan palsu.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 27 Maret 2022 saya mencoba membeli produk di tokoQ yaitu “Betadine Mouthwash & Gargle 190 ml seharga Rp.34.000/pcs. Alasan saya membeli produk ini karena memang stok di rumah sudah habis, sekaligus mau saya gunakan sebagai obat/perawatan kesehatan rongga mulut selama bulan suci Ramadhan (bulan puasa), sehingga napas di mulut tetap segar dan tidak muncul bau mulut yang terkadang membuat kita semakin tidak pede. Sementara itu, untuk ongkos kirim (ongkir) dalam pembelian produk ini menurut saya cukup terjangkau karena akan disesuaikan dengan jarak pengiriman yang berlaku. Saya sendiri hanya dikenakan tarif ongkir sebesar Rp.21.000 untuk barang tersebut hingga sampai ke rumah saya yang ada di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Jadi total tagihan untuk pemesanan saya adalah Rp.34.000 (produk) + Rp.21.000 (ongkir) = 55.085,-. Dan ini merupakan pembelanjaan online saya yang pertama kali di tokoQ.

Oya, bagi teman-teman yang ingin berbelanja online obat dan layanan/peralatan kesehatan di tokoQ, maka bisa ikuti panduan dari saya berikut ini:

  • Silakan teman-teman registrasi/daftar/buat akun terlebih dahulu disini (jika belum punya akun tokoQ), tapi jika sudah punya akun di sehatQ, maka silakan langsung login saa disini dengan memasukan email dan password yang sudah di buat pada tahap registrasi;
  • Setelah login, maka kita akan diarahkan pada halaman utama/dasbord TokoQ. Dan jika mau belanja, maka silakan bisa klik “Toko” yang pada halaman utama tersebut;
  • Setelah klik tombol “Toko” di atas, maka kita akan diarahkan ke berbagai peralatan medis dan beragam jenis obat-obatan yang tersedia pada situs tokoQ tersebut. Saya sendiri mencoba pertama kalinya untuk membeli produk perawatan rongga mulut yaitu “Betadine Mouthwash & Gargle 190ml seharga Rp.34.000“. Kemudian jika kita sudah yakin langsung saja bisa klik tombol “Beli Sekarang” atau bisa klik tombol “+Keranjang” jika kita mau membelinya nanti atau sementara kita tampung dulu di keranjang belanja;
  • Saya biasanya lebih nyaman memasukan barang/produk yang akan dibeli ke keranjang dulu, nanti baru tinggal check out atau membeli jika waktunya sudah tepat, karena menyesuaikan juga dengan kesibukan saya saat itu. Setelah saya sudah yakin ingin membelinya, maka tinggal saya klik tombol “Beli” seperti pada gambar di bawah ini;
  • Barulah setelah itu jangan lupa untuk mengatur “Tujuan Pengiriman” setelah kita menyatakan kesedian untuk membeli. Lengkapi alamat pengiriman sesuai alamat kita yaitu mulai dari mengisi nama jalan, nomor RT/RW, kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten/kotamadya dimana kita tinggal. Cantumkan juga kode pos serta nomor hape yang bisa dihubungi karena ini penting sebagai komunikasi kita dengan pihak jasa ekspedisi/kurir selama proses pengiriman barang/lihat contoh di bawah ini. Baru langkah terakhir yaitu klik tombol “Bayar”;
  • Setelah klik tombol “bayar”, maka langkah selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman “Pilih Pembayaran”, maka tentukan saja kita akan membayar barang/produk yang dibeli. Kita bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan E-Wallet, transfer melalui Virtual Account, atau dengan kartu kredit. Kalau saya sendiri biasanya seringnya memakai Virtual Account karena menurut saya lebih mudah karena langsung mengambil saldo dana yang ada di dalam rekening bank yang kita miliki. Untuk pilihan pembayaran ini sesuaikan saja dengan selera atau kebutuhan kita masing-masing. Lalu terakhir kita klik tombol “Bayar”.
  • Setelah klik tombol “Bayar” maka selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman “Pembayaran”, nah karena saya tadi menggunakan transfer melalui Virtual Account menggunakan bank BNI, maka saya harus menyalin “Nomor Virtual Account” tersebut sebagai kode untuk transfer dana sesuai total tagihan/pembelanjaan yang saya beli (lihat gambar di bawah ini);
  • Karena saya menggunakan mobile banking BNI, maka saya cukup login ke akun m-banking BNI saya tersebut, lalu pada menu utama saya pilih “transfer” –> “virtual account billing” –> input baru. Nah setelah klik tombol “input baru”, lalu kita masukkan nomor Virtual Account yang sudah kita salin tadi, lalu klik tombol “Lanjut”;
  • Setelah itu akan ditampilkan halaman validasi. Maka jika sudah yakin maka selanjutnya klik tombol “Lanjut”;
  • Pada halaman status akan muncul ceklist berwarna hijau jika transaksi berhasil. Maka langkah selanjutnya tinggal menunggu saja barang/produk yang sudah dipesan di tokoQ;
  • Setelah transaksi/pembayaran kita berhasil, maka kita akan dialihkan ke halaman konfirmasi dari sistem transaksi sehatq.com bahwa order atas pembayaran kita sudah diterima. Maka sampai tahap ini kita tinggal menunggu barang/produk yang kita pesan sampai di rumah kita;
  • Selain itu, langkah terahir jika pesanan kita sudah berhasil, maka pihak SehatQ juga akan memberikan konfirmasi terkait pesanan melalui email yang kita daftarkan waktu awal registrasi. Silakan simpan bukti ini sebagai transaksi sah jika sewaktu-waktu ada gugatan atau sesuatu hal yang tidak kita inginkan selama berbelanja online.

Itulah tadi penjelasan tentang langkah-langkah saya ketika berbelanja online produk di tokoQ dengan menggunakan transfer Virtual Account (VA), semoga mudah dipahami oleh teman-teman semua. Karena saya rasa dan yakin pasti teman-teman bisa memahaminya. Kalaupun ada kesulitan/pertanyaan maka teman-teman bisa tinggalkan kolom komentar di artikel ini, nanti akan saya jawab jika ada kesulitan dalam pembelian produk di tokoQ.

Sebagai informasi bahwa kesan saat saya membeli obat di situs tokoQ tersebut, maka transaksinya berjalan dengan lancar, serta obat kumur yang saya pesan sampai alamat rumah saya sesuai ekspektasi.

Inilah paket kiriman barang yang saya pesan/order dari toko obat sehatQ sudah sampai di rumah saya pada sore hari sekitar pukul 16.05 WIB (tanggal 30 Maret 2022). Estimasi yang lumayan cepat bukan? karena hanya butuh waktu kurang lebih 3 harian, maka barang/produk pesanan saya sudah sampai. Keren sekali.

Setelah saya cek paket yang saya terima tersebut, alhamdulillah ternyata aman dan tidak ada packing atau produk yang rusak. Penjual juga fast respon serta pintar karena ia menambahkan bubble wrap pada paket saya tersebut sehingga barang semakin aman dan kesan saya puas berbelanja online di toko sehatQ. Terima kasih sehatQ.com, seller dan kurir yang sudah bekerjasama dengan saya sehingga paket yang saya pesan bisa selamat sampai di rumah saya.

Dari pengalaman saya ini semakin memperkuat keyakinan saya bahwa, jika saat ini atau nanti membutuhkan tempat untuk membeli obat, suplemen, ataupun peralatan medis tertentu, maka saya sudah tidak ragu dan pastinya mempercayakan situs SehatQ.com sebagai tempat untuk Beli obat dan juga mendapatkan informasi seputar kesehatan keluarga. Karena kesehatan anggota keluarga bagi saya adalah nomor satu.

Jika saya sendiri sudah mencoba memanfaatkan fitur dan layanan kesehatan di SehatQ untuk membeli obat dan memperoleh segudang referensi kesehatan, maka kini saatnya untuk teman-teman semuanya bisa ikut mencoba juga mengakses situs SehatQ.com atau dengan mengunduh/instal di handphone aplikasi SehatQ baik via Google Playstore maupun App store.

Baiklah, itu saja ulasan saya tentang kesan dan pengalaman saya ketika berbelanja online secara nyaman dan aman di situs SehatQ.com, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya yang sedang butuh informasi, referensi, serta bingung mau beli obat dimana yang aman, maka saya rekomendasikan ayo coba berbelanja saja di tokoQ.

Sumber Referensi:

  • Situs SehatQ.com, tersedia secara online di halaman https://www.sehatq.com/.
  • Situs toko.sehatq.com, tersedia secara online dihalaman https://toko.sehatq.com/.
  • Data Statistik E-Commerce Indonesia 2020, tersedia secara online di halaman https://greatnesia.com/data-statistik-e-commerce-indonesia-2020/.
  • Menelusuri Lebih Lanjut Tren Belanja Online Masyarakat Indonesia, tersedia secara online di halaman https://www.info.populix.co/post/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia
  • statik.tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *