Ruang Guru, Solusi Tepat Belajar Saat PJJ Agar Hubungan Anak dan Ortu Semakin Harmonis

  • Whatsapp

Sebagai seorang guru biologi di SMA, maka saya mengerti bahwa dalam proses pembelajaran di masa pandemik COVID-19 ini memang tantangannya cukup beragam. Ini dirasakan tidak hanya guru di sekolah yang mengampu mata pelajaran saja, akan tetapi orang tua juga akan terkena imbas dari pembelajaran selama pandemik (PJJ).

Selama pandemik ini, siswa belajar di rumah dan tentunya selain guru yang mengolah pembelajaran sedemikian rupa, maka orang tua mau tidak mau akan terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, maka aka ada hubungan langsung antara anak dan orang tua. Jika orang tua cenderung pregmatis dan egois tidak membantu proses pembelajaran di sekolah maka bisa jadi hubungan mereka tidak akan harmonis, bahkan anak bisa semakin bingung karena anak-anak sekolah itu menurut pengamatan saya selama pembelajaran daring harus dipantau dan dibimbing dengan kesabaran.

Bacaan Lainnya

Saya kadang mengamati di sekitar lingkungan tempat tinggal saya, ada anak-anak sekolah yang lebih senang bermain tapi tidak diarahkan untuk belajar dari apa yang diberikan tugas oleh guru di sekolah. Akibatnya, anak-anak ini akan semakin lalai dengan tanggungjawabnya sebagai seorang siswa. Dalam hal ini orang tua penting membantu anak-anak mereka untuk memanajemen waktu belajar dengan baik. Kita tahu sendiri bahwa anak-anak itu masih senang bermain, apalagi jika sudah main gadget atau games, kadang lupa waktu belajar bahkan makan juga sering telat. Ini tidak baik ya bapak/ibu, kita perlu memantau dan menyayangi anak didik kita untuk terus tumbuh dan berkembang dengan baik hingga mereka bisa berprestasi di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Kendala di atas selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan sistem belajar daring, sebenarnya bisa diakali dengan orang tua bisa memberikan jadwal tambahan berupa memprivatkan anaknya di salah satu tempat belajar yaitu di Ruang Guru. Sebab Ruang Guru ini adalah layanan belajar online terbaik.

Mengapa Harus Belajar di Ruang Guru?

Sebenarnya anak-anak bisa belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja, bebas sesuai keinginannya. Bahkan, media apa saja sekarang bisa dijadikan sumber belajar, misalnya di internet, melalui video, audio, visualisasi, atau aplikasi pembelajaran yang sudah banyak tersebar di media internet, jadi tinggal download anak-anak sudah bisa langsung belajar.

Namun, belajar tidak seperti itu saja, karena anak-anak juga butuh pendampingan, kedekatan emosional dengan tutor melalui pembelajaran di tempat berbeda, sehingga mereka akan memperkaya pengalamannya. Tanpa tutor yang membimbing anak untuk belajar, saya rasa anak-anak akan semakin bingung, karena misalnya jika ada kesulitan belajar mereka tidak ada tempat untuk bertanya dan memberikan solusi atas permasalahannya tersebut.

Untuk itu, saya merekomendasikan anak-anak bapak/ibu sebaiknya coba diarahkan untuk mengikuti kursus belajar di Ruang Guru, karena beberapa keunggulan seperti:

  • Guru/tutor pendamping privat sangat professional sesuai bidangnya;
  • Materi yang disampaikan tutor mudah dipahami anak;
  • Media pembelajaran yang menarik berbasis IT (teknologi);
  • Dilengkapi dengan animasi pembelajaran, video interaktif, dan audio;
  • Paket belajar dengan harga terjangkau;
  • Waktu belajar fleksibel bisa disesuaikan kesibukan anak;
  • Terdapat laporan pencapaian belajar.

Nah, selain keunggulan di atas, maka mari kita tengok apa saja fitur-fitur di ruang guru yang bisa dimanfaatkan untuk menambah suasana belajar semakin menyenangkan bagi anak maupun orang tua:

Fitur Belajar di Ruang Guru Apa Saja?

Ada banyak fitur di Ruang Guru yang bisa dieksplore untuk menambah keseruan belajar seperti akan saya jelaskan pada bagian di bawah ini:

  1. Ruangguru PET: Di ruang PET dari Ruang Guru ini, maka pengguna/siswa nantinya akan ditemani oleh tiga hewan lucu dengan karakter berbeda. Karakter berbeda ini bisa dengan mudah dipilih sesuai keinginan siswa. Apa saja karakter berbeda tersebut?
  • Harry : Hewan harimau yang tinggalnya di hutan Sumatera;
  • Candra : Hewan burung cendrawasih yang tinggalnya di hutan dengan pepohonan rimbun;
  • Modo : Hewan komodo purba dengan kehidupan di daerah terpencil.

2. Ruangguru adventure: Fitur ini perlu dicoba. Pengguna dapat mencoba itur ini untuk memodifikasi avatar yang dimiliki dengan item yang dapat dibeli. Setiap pengguna terdaftar dapat membeli dengan memakai poin gold. Lalu bagaimana caranya untukmemperoleh poin gold? Selesaikan dulu misi dengan cara mengerjakan soal. Maka semakin banyak soal yang dikerjakan maka bisa cepat naik levelnya. Keren ya? Patut kamu coba ya supaya semangat dalam belajar.

3. Jadwal belajar: Untuk menyelesaikan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran, maka siswa diberikan jadwal sesuai yang dipilihnya. Mereka bisa mengerjakan soal-soal atau belajar dan sambil bermain di ruangguru adventure. Dengan adanya jadwal belajar ini maka anak-anak akan semakin tertib dan bertanggungjawab dalam kegiatan pembelajaran di kelas online.

4. Asah otak: Fitur ini tentu saja sangat mengasyikan karena siswa/anak-anak akan diajak untuk bermain teka-teki atau pertanyaan yang mengacu pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Dari sinilah orang tua dan siswa bisa tahu progress belajar mereka sudah sejauh mana.

5. Bank soal: Di bank soal ini terdapat banyak sekali paket kumpulan soal seperti UTS, Ulangan Harian, UAS, UN, soal-soal ujian SBMPTN. Dari soal-soal yang tersedia tersebut, maka siswa akan mendapatkan pembahasannya.

6. Laporan belajar: Jarang-jarang sekali di tempat belajar online adalah laporan hasil belajar siswa/anak. Nah, di ruang guru ada sejenis laporan hasil pencapaian belajar siswa yang dapat diakses secara online, keren ya?

7. Adapto: Fitur ini berisi tentang bagaimana progress perkembangan pembelajaran yang telah dilakukan anak. Selain itu, fitur ini juga bisa memantau apakah anak-anak bisa lanjut ke pembelajaran berikutnya, tentu melihat pencapaian materi yang telah dituntaskan. Fitur ini juga akan melihatkan kemampuan anak.

8. Rencana belajar: Fitur rencana belajar ini dilengkapi dengan video pembelajaran. Selain itu, berisi rencana belajar apa saja yang akan dibuat selama sepekan.

9. Subtitle video: Fitur inidibuatsupaya siswa dapat belajar dengan mudah melalui video  pembelajaran dengan judul-judul yang relevan dengan materi yang akan mereka pelajari.

10. Pencarian: Fitur ini dapat digunakan untuk mencari materi pelajaran yang diinginkan. Siswa hanya mengetikkan kata kunci pembelajaran yang dinginkan lalu akan muncul materi pelajaran yang diinginkan.

11. Pet mission: Pada fitur ini dapat menambah keseruan belajar sebab jika berhasil menyelesaikan empat misi dalam sepekan, maka pengguna akan mendapat batu evolusi hewan peliharaan.

12. Tes minat bakat: Fitur ini memberikan ruang kepada seluruh siswa untuk menentukan jurusan serta karir sesuai minat dan bakatnya.

13. Aplikasi Ruangguru:Aplikasi ruang guru ini dapat didownload di google play store dengan mudah. Siswa dapat memanfaatkan fitur ini untuk tempat mengakses pembelajaran secara daring.

Dengan melihat beberapa keunggulan dan kelebihan belajar di Ruang Guru, maka saya merekomendasikan untuk bapak/ibu wali murid siswa jika menginginkan anaknya berprestasi dan orang tua tidak terlalu capek untuk membantu mengerjakan tugas-tugas belajar daring dari sekolah, maka serahkan saja kegiatan belajar anak dengan belajar di Ruang Guru. Jadi, orang tua tinggal mengawasi hal-hal yang perlu saja dan sembari memotivasi anak untuk terus belajar dan berprestasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bapak/ibu yang sedang mencari-cari tempat kursus online selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemik COVID-19. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 Komentar

  1. Sistem PJJ ini pasti ada plus minusnya ya Mas. Selain lebih aman di rumah, juga bisa membuat hubungan anak dan orang tua jadi lebih harmonis. Anak juga jadi lebih terkontrol. Beruntungnya lagi, sekarang sudah ada platform Ruangguru yang akan memudahkan para siswa untuk belajar secara daring. Coba kalau nggak platform semacam ini, pasti cukup sulit untuk menyesuaikan dengan materi yang diberikan saat PJJ.

    Udah gitu, banyak juga ya keunggulannya Ruangguru ini. Jadi makin yakin aja buat belajar di Ruangguru. Makasih infonya Mas…

    1. Iya betul kak, ada keyakinan kuat bahwa belajar akan semakin menyenangkan jika ada yang mendampingi termasuk orang tua, guru, dan tenaga kependidikan yang kompeten di bidangnya masing2. Semoga pandemi lekas berakhir, sehingga belajar lebih maksimal lagi.

  2. Alhamdulillah ada produk ciptaan anak bangsa ya kak. Ruangguru ini banyak melakukan inovasi lho saya perhatikan. Ga salah jika kita orang tua mepercayakan apliksi ini kepada anak

  3. Memang sebaagian anak ketika belajar dari rumah, lebih banyak yang semakin abai dengan pelajaran. Kalau menurut aku sih itu balik lagi ke orang tua nya masing masing.

    Lebih baik ajak anak diskusi mau nya gimana agar ia mau belajar tapi atas kemauan sendiri bukan paksaan orang tua. Apalagi di Ruangguru materi pelajaran yang diberi berbentuk video,pastinya anak akan menyukai nya.

  4. Ada konsep gamifikasi di fitur Pet nya ini ya, memang terobosan yang menarik nih dari Ruangguru biar siswa lebih semangat dalam belajar. Sangat layak untuk dicoba

  5. Menarik banget ada pet mission juga. Pasti anak-anak makin semangat buat belajar ya. Saya saja masih suka dengan reward lucu-lucu model begitu, hehe.

  6. Tantangan untuk belajar online memang bosan dan jenuh sih. Mestinya standar belajar itu memang tatap muka, karena itulah interaksi yang terbaik. Tapi, situasi pandemi ini masih berat. Aplikasi ini menyediakan sarana agar belajar online lebih menyenangkan.

  7. ruangguru menjadi salah satu alternatif dan pilihan terbaik untuk mengembangkan kemampuan siswa .. terlebih dimasa pandemi yang memaksa untuk belajar daring .. ruangguru sudah siap dengan itu semua

  8. Banyak banget fitur ruangguru ini ya mas, Orangtua jadi bener-bener terbantu apalagi di masa PJJ ini. Soalnya dengan fitur yang menarik ini, anak-anak jadi semangat belajar. Orangtua jadi gak perlu uring-uringan lagi.

  9. Dulu kalau les tambahan gitu harus datang ke guru, rame-rame di sore hari. Seru sih, tapi di zaman pandemi seperti ini, rasanya sudah tidak bisa sebebas dulu untuk ngumpul les ke rumah guru les gitu. Untung ada teknologi yang bernama ruang guru ini, memudahkan untuk belajar saat PJJ.