Taman Nasional Way Kambas (Terjemahan Dalam Bahasa Lampung Dialek A dan Dialek O)

  • Whatsapp
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas

Dialek A:

Taman Nasional Wai Kambas (Bahasa Indonesia “Taman Nasional Way Kambas”) pok ni di sekitegh Wai Kambas, Lampung Timur, Provinsi Lampung. Taman nasional hinji beghak ni kughang lebih 1.300 km2.

Taman Nasional Wai Kambas tekughuk Taman Nasional sai paling tuha di Indonesia. Taman hiji diwatko oleh Belanda pada tahun 1937. Sai tujuan ni guwai ngelindungi liman ghik nyiptako hubungan saling nguntungko antagha liman jama manusia.

Bacaan Lainnya

Zaman tumbai waktu pemeghintahan ghaja-ghaja Sumatera, liman dilatih ghik dimanfaatko di lom peghang ghik acagha seghemonial. Liman ngelakuko macom-macom tugas, kinjuk ngangkut kayu atau ngebajak sabah.

Guna atau paidah Taman Nasional Wai Kambas sina yakdo ngeghupako pok ngelindungi kughang lebeh 200 liman Sumatera ghik pok pusat pelatihan hewan gajah. Selayin sina Taman Nasional Wai Kambas moneh ngeghupako pok peghawatan liman sai sakik yakdo sai ngeghupako rumah sakit khusus gajah sai paling balak di Asia.

Di Pusat Pelatihan Gajah Taman Nasional Wai Kambas sina wat atraksi atawa peghtunjukkan peghtandingan sepak bola liman sai diwatko kala dibi. Tampilan sina dilaksanako unggal ghani Sabtu atau Minggu. Seunyinni pengunjung dapok monih cakak liman ghik kughuk mid pulan baghong jama pawang. Halok gham lagi untung gham dapok butungga jama liman jalang di pulan.

Dialek O:

Taman Nasional Way Kambas pek no di sekitegh Way Kambas, Lampung Timur, Provinsi Lampung. Taman Nasional ejou beghak nou kurang lebih 1.300 km2. Taman Nasional Way Kambas tekughuk Taman Nasional sai paling tohou di Indonesia. Taman enou diwatken oleh Belandou pada tahun 1937. Sai tujuannou guwai ngelindungei gajah jamou nyiptaken hubungan saling menguntungken hantagha gajah jamou manusia.

Watteu jaman jebei pemerintahan rajou-rajou Sumatera, gajah dilatih jamou dimanfaatken dilem perang jamou acara seghemonial. Gajah ngelakuken macem-macem tugas, gegoh ngangkut kayeu atau ngebajak sabah.

Gunou atau manpaat Taman Nasional Way Kambas enou iyeulah ngeghupaken pek ngelindungei kughang lebeh 200 gajah Sumatera jamo pek pusat pelatihan hewan-hewan gajah. Selanjutnou Taman Nasional Wai Kambas jugo ngerupaken pek perawatan gajah sai maghing iyeulah sai ngerupaken rumah sakit khusus gajah sai paling balak di Asia.

Di Pusat Pelatihan Gajah Taman Nasional Wai Kambas enou wat atraksi atawa peghtunjukan peghtandingan sepak bola gajah sai diwatken kala debei. Tampilan eno dilaksanaken unggal arei Sabtu jamou Minggeu. Segalounou pengunjung dapok monih cakak gajah jamou kughuk adok pelan bagheng jamou pawang. Katteu gham lagei uttung gham dapok tumbuk jamou gajah jalang di pelan.

Sumber Referensi Bacaan: Drs. Hi. Marsitho, M.Pd. dkk. 2000. Pandai Berbahasa Lampung. Bandarlampung: Gunung Pesagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 Komentar

  1. Wow… Ternyata dialek bahasa di Lampung ada ragamnya ya. Unik ada yg dialek A dan O juga. Padahal itu satu daerah Lampung ya?
    Alasan dulunya bisa pisah dialek A dan O itu sejarahnya bagaimana ya? Penasaran…

    1. Iya betul kak, satu daerah Lampung beragam dialek setiap daerahnya. Ada yang pakai dialek A / O, beragam tapi menyatu ya kak, inilah indahnya Indonesia 😀

    1. Wah makasih ya kak, Lampung memang kaya akan adat dan budayanya kak, keren Lampung ini 😀

  2. Udah baca, tetep nggak ngerti.
    Bagus nih kalau ada pengucapannya juga, jadi bagi yang orang luar lampung juga bisa belajar bahasa lisannya, bukan cuma tulisan

    1. Wah makasih kak sarannya, iya betul juga ya ada pelafalannya biar orang lain tahu (terutama yang bukan asli Lampung).

  3. Bahasa daerah memang tidak hanya satu aja, banyak dialeknya. Keren ih kak bisa nulis bahasa daerah. Kalau aku belum sanggup hihi.

  4. Mas Wahid guru bahasa atau biologi sih mas? Hehehe. Jago banget. Aku pernah ke TNWK sebulanan. Seru abissssss. Kebetulan salah satu tim PKLku orang Lampung, dan aku udah familiar sama dialek sana.

    1. Saya guru biologi kak, cuma seneng aja dan bangga dengan bahasa dan budaya Lampung. Seneng aja belajar bahasa Lampung.

  5. Ini berdasar wilayah atau gimana dialeknya Mas…baru tahu saya. unik ya bahasanya, mirip tapi ada bedanya. Terima kasih sharingnya jadi tambah wawasan tentang bahasa Lampung dialek A dan O

    1. berdasarkan wilayah masing2 kak, kadang ada daerah di Lampung yang pake dialek A dan atau O. Agak beda memang pengucapannya.

  6. wah banyak dialeknya ya ternyata walopun sama-sama di Lampung, tulisan latinnya kalo gak tau cara ngucapinnya jadi kaya bahasa Korea ya mas hihihih

  7. Ternyata ada dialek A dan O nya juga ya mas, aq belum paham sama sekali dengan bahasa Lampung. Ada saudara yang tinggal disana kalo ngomong sesama temannya aq gak paham sama sekali

  8. Amazing. Itu yang pertama saat saya baca ini. Khas orang yang terpukau dengan sesuatu yang baru. Ternyata bahasa Lampung punya dialek berbeda ya. Mungkin perlu ditambah lagi tentang demografi pemakainya. Dan yang jelas sih, harus ada terjemahannya.

    1. Saya doakan kak semoga bisa segera ke way kambas dan menikmati gajah dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

    1. Iya kak, tentunya kebudayaan daerah dan pariwisata bisa disandingkan secara bersamaan di hadapan para pengunjung/turis