Upacara Adat Daduai dalam Bahasa Lampung

  • Whatsapp

Sejarah Upacara Adat Daduai

Terciptani upacara Adat Daduai terjadi diakibatko ulah watni sebambangan antara muli meranai, sebambangan hiji mak disetujui ulih pihak keluarga muli sai mak rila anakni dibatok ulih meranai. Hal sina nimbulko konflik amarah antara kerua belah pihak keluarga muli jama keluarga meranai.

Sebambangan adalah meranai khik muli sai saling gering haga melanjutko hubunganni pada jenjang pernikahan mengarungi bahtera mahan jajama, najin ulah sesuatu alasan meranai juga muli sepakat sebambangan atau larian.

Bacaan Lainnya

Jak tumbai temen sebambangan hiji radu terjadi lom kehidupan suku Lampung. Hal hiji selalu menimbulko konflik sai berkepanjangan. Suatu ketika sekitar 200-300 tahun sai lalu hal hiji terjadi di anak buah kepala adat. Beliau haga membantu mendamaiko emosi anak buahni sai sedang terjadi konflik anak mulini dibatok ulih meranai sai ia gering secara adat, maka terciptalah Adat Daduai.

Adat Daduai dimaksudko ngedamaiko perselisihan antara kerua pihak keluarga sai terjadi akibat sebambangan meranai khik muli, sehingga terjadi perdamaian dan kerua belah pihak dapok bergabung menjadi sai (satu). Sesuai rik asal kata Daduai yaitu “uai” dimaksudko “wai/air”. Fungsi wai (air) madamko (memadamkan) apui (api). Kesejukan wai dapok madamko apui amarah jama ngeguwai hati keruani (keduanya) tentram sehingga tercipta hubungan harmonis kerua belah pihak.

Pelaksanaan Adat Daduai

Segala rangkaian acara sai terjadi dilom upacara Adat Daduai dilaksanako secara berurutan klik saling kait mengkaitkan hantara sai rik sai lainni.

Kegiatan upacara Adat Daduai dimulai rik pelaksanaan berdandan atau berhias memakai pakaian adat Lampung anjak mahan lunik dalam bahasa Lampungmi “Lamban Lunik”. Lamban Lunik lain berarti mahan sai berukuran lunik, sina istilah gawoh sai dimaksudko adalah mahan pok anggota Saibatin sai radu dipercayai ulih ketua adat.

Radu anjak mahan lunik atau Lamban Lunik, pengantin bebai diarak oleh pihak keluarga anjak mempelai bebai, seluruh warga rik anggota Saibatin, rik pihak kelama pengantin ragah yakdo keluarga anjak pihak ibu. Arak-arakan hinji menuju syahibul hajat atau mahan calon pengantin ragah.

Sumber Referensi:

  • Pamungkas dan Muharam, Iskandar. 2015. Mahir Bahasa dan Budaya Lampung. Bandarlampung: Gunung Raja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *